PEMBELAJARAN MENYUNTING TEKS PUISI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KELAS X IPB MAN 1 BULELENG

Penulis

  • Ainur Rohmah Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putrayasa
  • Gede Gunatama

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20749

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) evaluasi pembelajaran menyunting teks puisi berdasakan kurikulum 2013 di kelas X IPB MAN 1 Buleleng. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa bahasa Indonesia kelas X IPB. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menyunting teks puisi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, perencanaan pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum 2013. Akan tetapi, masih memiliki beberapa kelemahan, meliputi (1) perencanaan pembelajaran menyunting teks puisi berdasarkan kurikulum 2013 di kelas X IPB MAN 1 Buleleng belum sesuai dengan komponen dan sistematika penyusunan RPP kurikulum 2013, (2) pelaksanaan pembelajaran menyunting teks puisi berdasarkan kurikulum 2013 di kelas X IPB MAN 1 Buleleng menggunakan pendekatan saintifik, namun terdapat ketidaksesuasaian langkah-langkah pembelajaran yang dibuat oleh guru.  (3)  evaluasi pembelajaran menyunting teks puisi berdasarkan kurikulum 2013 di kelas X IPB MAN 1 Buleleng menggunakan penilaian autetik, namun penilaian sikap belum dicantumkan.

Diterbitkan

2019-02-01

Terbitan

Bagian

Articles