CERPEN REMAJA PADA APLIKASI WATTPAD

Putu Rista Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cerpen remaja yang terdapat dalam aplikasi Wattpad dari berbagai aspek, yaitu (1) karakter cerpen remaja pada aplikasi Wattpad dilihat dari segi tema, ragam bahasa, dan tokoh, (2) fitur yang digunakan pada cerpen remaja dalam aplikasi wattpad, (3) respons pembaca terhadap cerpen pada aplikasi wattpad. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yakni aplikasi Wattpad dan objek penelitian ini adalah karakter cerpen remaja pada aplikasi Wattpad. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah (1) seluruh cerpen yang diteliti mengangkat tema cinta sebagai tema utama, tema lain yang diangkat dalam cerpen diantaranya, tiga tema persahabatan, dua tema kenakalan remaja, satu tema perjodohan, dan empat cerpen lainnya tetap menonjolkan tema cinta sebagai tema utama, (2) terdapat dua jenis fitur dalam aplikasi Wattpad, yakni fitur menulis dan fitur membaca, (3) respons yang diberikan oleh pembaca tidak hanya tentang emosi, tetapi juga dengan memberikan kritik dan saran tentang penulisan sebagai bentuk apresiasi pembaca kepada penulis untuk meningkatkan kualitas karya.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v10i1.24553

Article Metrics

Abstract view : 1428 times
PDF file view : 9650 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.