CERPEN REMAJA PADA APLIKASI WATTPAD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v10i1.24553Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cerpen remaja yang terdapat dalam aplikasi Wattpad dari berbagai aspek, yaitu (1) karakter cerpen remaja pada aplikasi Wattpad dilihat dari segi tema, ragam bahasa, dan tokoh, (2) fitur yang digunakan pada cerpen remaja dalam aplikasi wattpad, (3) respons pembaca terhadap cerpen pada aplikasi wattpad. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yakni aplikasi Wattpad dan objek penelitian ini adalah karakter cerpen remaja pada aplikasi Wattpad. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah (1) seluruh cerpen yang diteliti mengangkat tema cinta sebagai tema utama, tema lain yang diangkat dalam cerpen diantaranya, tiga tema persahabatan, dua tema kenakalan remaja, satu tema perjodohan, dan empat cerpen lainnya tetap menonjolkan tema cinta sebagai tema utama, (2) terdapat dua jenis fitur dalam aplikasi Wattpad, yakni fitur menulis dan fitur membaca, (3) respons yang diberikan oleh pembaca tidak hanya tentang emosi, tetapi juga dengan memberikan kritik dan saran tentang penulisan sebagai bentuk apresiasi pembaca kepada penulis untuk meningkatkan kualitas karya.Unduhan
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)