PENGGUNAAN VIDEO PANTOMIM UNTUK MENINGKATKAN

Authors

  • nengah sueca

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.274

Abstract

PENGGUNAAN VIDEO PANTOMIM UNTUK MENINGKATKAN

KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA

DI KELAS VIII B SMP NEGERI 3 RENDANG

oleh

I Nengah Sueca, NIM 0912011041

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis naskah drama dengan penggunaan video pantomim yang diterapkan guru di kelas VIII B SMP Negeri 3 Rendang, (2) mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis naskah drama dengan penggunaan video pantomim di kelas VIII B SMP Negeri 3 Rendang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Rendang, sedangkan objeknya adalah keterampilan menulis naskah drama dengan media video pantomim. Secara lebih terperinci objek penelitian ini adalah langkah-langkah pembelajaran menulis naskah drama dan keterampilan menulis naskah drama dengan menggunakan video pantomim. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan video pantomim dalam pembelajaran menulis naskah drama (1) dilakukan melalui beberapa langkah sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang sudah dirancang oleh guru, (2) dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis naskah drama. Peningkatan tersebut terlihat pada hasil keterampilan menulis naskah drama siswa setelah digunakannya video pantomim sebagai media. Pada refleksi awal, sebelum menggunakan video pantomim, skor rata-rata menulis naskah drama siswa adalah 64, sedangkan pada siklus I, yakni setelah menggunakan video pantomim, skor rata-rata siswa meningkat menjadi 74,75. Setelah diberikan tindakan pada sklus II, skor rata-rata siswa adalah 80,72. Persentase peningkatan skor rata-rata tersebut dari refleksi awal ke siklus I sebesar 10,75%, dan peningkatan skor rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 5,97%. Dengan demikian, total peningkatan skor rata-rata siswa adalah 16,72%. Dari peningkatan tersebut, ketuntasan belajar klasikal yang dicapai siswa sudah memenuhi tuntutan yang diharapkan.

Kata kunci: video pantomim, menulis, naskah drama

Author Biography

nengah sueca

Downloads

Published

2013-01-23

Issue

Section

Articles