PENGGUNAAN VIDEO PANTOMIM UNTUK MENINGKATKAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.274Abstrak
PENGGUNAAN VIDEO PANTOMIM UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA
DI KELAS VIII B SMP NEGERI 3 RENDANG
oleh
I Nengah Sueca, NIM 0912011041
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis naskah drama dengan penggunaan video pantomim yang diterapkan guru di kelas VIII B SMP Negeri 3 Rendang, (2) mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis naskah drama dengan penggunaan video pantomim di kelas VIII B SMP Negeri 3 Rendang.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Rendang, sedangkan objeknya adalah keterampilan menulis naskah drama dengan media video pantomim. Secara lebih terperinci objek penelitian ini adalah langkah-langkah pembelajaran menulis naskah drama dan keterampilan menulis naskah drama dengan menggunakan video pantomim. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan video pantomim dalam pembelajaran menulis naskah drama (1) dilakukan melalui beberapa langkah sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang sudah dirancang oleh guru, (2) dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis naskah drama. Peningkatan tersebut terlihat pada hasil keterampilan menulis naskah drama siswa setelah digunakannya video pantomim sebagai media. Pada refleksi awal, sebelum menggunakan video pantomim, skor rata-rata menulis naskah drama siswa adalah 64, sedangkan pada siklus I, yakni setelah menggunakan video pantomim, skor rata-rata siswa meningkat menjadi 74,75. Setelah diberikan tindakan pada sklus II, skor rata-rata siswa adalah 80,72. Persentase peningkatan skor rata-rata tersebut dari refleksi awal ke siklus I sebesar 10,75%, dan peningkatan skor rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 5,97%. Dengan demikian, total peningkatan skor rata-rata siswa adalah 16,72%. Dari peningkatan tersebut, ketuntasan belajar klasikal yang dicapai siswa sudah memenuhi tuntutan yang diharapkan.
Kata kunci: video pantomim, menulis, naskah drama
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)