PENGGUNAAN STRATEGI BAJU BERSIH (BACA, MAJU, BERMAIN, KASIH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN DRAMA SISWA KELAS VIII.6 SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Authors

  • made lisna aryathi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.277

Abstract

PENGGUNAAN STRATEGI BAJU BERSIH (BACA, MAJU, BERMAIN, KASIH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN DRAMA SISWA KELAS VIII.6 SMP NEGERI 2 SINGARAJA

oleh

Ni Made Lisna Aryathi

NIM 0812011079

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan (1) untuk mengetahui apakah penggunaan strategi “Baju Bersih” dapat meningkatkan hasil belajar bermain drama siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 2 Singaraja, (2) untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan strategi “Baju Bersih yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar bermain drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja, dan (3) untuk mengetahui respons siswa terhadap penggunaan strategi “Baju Bersih untuk meningkatkan hasil belajar bermain drama siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 2 Singaraja.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 2 Singaraja. Objek proses dalam penelitian ini adalah aktivitas dan respons siswa dalam bermain drama , sedangkan objek produk dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam bermain drama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif - kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan strategi “Baju Bersih” dapat meningkatkan hasil belajar bermain drama siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 2 Singaraja yang ditandai dengan perolehan skor rata-rata bermain drama siswa sebesar 76,89% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 3,97% menjadi 80,89% pada siklus II, (2) ada beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam penggunaan strategi “Baju Bersih untuk meningkatkan hasil belajar bermain drama, yaitu orientasi teori, pengelompokan, latihan di depan kelas, pemberian komentar, dan pementasan, dan (3) siswa memberikan respons positif terhadap penggunaan strategi “Baju Bersih untuk meningkatkan hasil belajar bermain drama.

Kata kunci: bermain drama, strategi Baju Bersih, hasil belajar

Author Biography

made lisna aryathi

Downloads

Published

2013-01-23

Issue

Section

Articles