PENGGUNAAN STRATEGI BAJU BERSIH (BACA, MAJU, BERMAIN, KASIH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN DRAMA SISWA KELAS VIII.6 SMP NEGERI 2 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.277Abstrak
PENGGUNAAN STRATEGI BAJU BERSIH (BACA, MAJU, BERMAIN, KASIH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN DRAMA SISWA KELAS VIII.6 SMP NEGERI 2 SINGARAJA
oleh
Ni Made Lisna Aryathi
NIM 0812011079
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan (1) untuk mengetahui apakah penggunaan strategi “Baju Bersih” dapat meningkatkan hasil belajar bermain drama siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 2 Singaraja, (2) untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan strategi “Baju Bersih” yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar bermain drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja, dan (3) untuk mengetahui respons siswa terhadap penggunaan strategi “Baju Bersih” untuk meningkatkan hasil belajar bermain drama siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 2 Singaraja.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 2 Singaraja. Objek proses dalam penelitian ini adalah aktivitas dan respons siswa dalam bermain drama , sedangkan objek produk dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam bermain drama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif - kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan strategi “Baju Bersih” dapat meningkatkan hasil belajar bermain drama siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 2 Singaraja yang ditandai dengan perolehan skor rata-rata bermain drama siswa sebesar 76,89% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 3,97% menjadi 80,89% pada siklus II, (2) ada beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam penggunaan strategi “Baju Bersih” untuk meningkatkan hasil belajar bermain drama, yaitu orientasi teori, pengelompokan, latihan di depan kelas, pemberian komentar, dan pementasan, dan (3) siswa memberikan respons positif terhadap penggunaan strategi “Baju Bersih” untuk meningkatkan hasil belajar bermain drama.
Kata kunci: bermain drama, strategi Baju Bersih, hasil belajar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)