Kearifan Lokal Timor sebagai Sumber Bahan Ajar Teks Deskripsi untuk Siswa SMP

Authors

  • Giri Indra Kharisma Universitas Timor
  • Imaniah Kusuma Rahayu Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.29114

Abstract

Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku teks yang bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam belajar memahami hingga memproduksi teks deskripsi. Seluruh bacaan yang tersaji dalam buku tersebut mendeskripsikan tentang kearifan lokal yang ada di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang memiliki 4 tahap, yakni: penetapan, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan.   Berdasarkan hasil validasi para ahli dan praktisi, diketahui bahwa buku ajar yang dikembangkan memperoleh persentase lebih dari 85% dengan kategori sangat layak untuk diimpelementasikan. Hasil ujicoba produk yang dilakukan kepada siswa juga menunjukkan respon yang sangat baik karena memperoleh persentase kelayakan sebesar 92% dengan kategori sangat layak.

Kata Kunci: Teks Deskripsi, Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Timor

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles