Kearifan Lokal Timor sebagai Sumber Bahan Ajar Teks Deskripsi untuk Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.29114Abstract
Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku teks yang bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam belajar memahami hingga memproduksi teks deskripsi. Seluruh bacaan yang tersaji dalam buku tersebut mendeskripsikan tentang kearifan lokal yang ada di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang memiliki 4 tahap, yakni: penetapan, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Berdasarkan hasil validasi para ahli dan praktisi, diketahui bahwa buku ajar yang dikembangkan memperoleh persentase lebih dari 85% dengan kategori sangat layak untuk diimpelementasikan. Hasil ujicoba produk yang dilakukan kepada siswa juga menunjukkan respon yang sangat baik karena memperoleh persentase kelayakan sebesar 92% dengan kategori sangat layak.
Kata Kunci: Teks Deskripsi, Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Timor
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)