Validitas Perangkat Pembelajaran Teks Puisi Berorientasi Pembelajaran E-Learning

Kadek Wirahyuni, Arnum Hardyanti Anjani, Ni Made Rai Wisudariani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas perangkat pembelajaran teks puisi berorientasi pembelajaran e-learning berupa RPP, Bahan Ajar, Asesmen, dan portal e-learning yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh (online). Penelitian dilakasanakan di SMA Negeri Bali Mandara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Data uji validitas tersebut diperoleh dari hasil validasi oleh para ahli dengan menggunakan instrument lembar uji validitas berupa angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan skala Likert. Tingkat validitas RPP sebesar 99,3% (sangat valid), tingkat validitas bahan ajar sebesar 98,4% (sangat valid), tingkat validitas media pembelajaran sebesar 98,8% (sangat valid), dan tingkat validitas asesmen sebesar 100% (sangat valid). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran teks puisi berorientasi pembelajaran e-learning memiliki tingkat validitas sangat valid.

Kata Kunci: Validitas, perangkat pembelajaran; teks puisi; e-learning.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.32614

Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF file view : 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.