Validitas Perangkat Pembelajaran Teks Puisi Berorientasi Pembelajaran E-Learning

Penulis

  • Kadek Wirahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Arnum Hardyanti Anjani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Rai Wisudariani universitas pendidikan ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.32614

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas perangkat pembelajaran teks puisi berorientasi pembelajaran e-learning berupa RPP, Bahan Ajar, Asesmen, dan portal e-learning yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh (online). Penelitian dilakasanakan di SMA Negeri Bali Mandara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Data uji validitas tersebut diperoleh dari hasil validasi oleh para ahli dengan menggunakan instrument lembar uji validitas berupa angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan skala Likert. Tingkat validitas RPP sebesar 99,3% (sangat valid), tingkat validitas bahan ajar sebesar 98,4% (sangat valid), tingkat validitas media pembelajaran sebesar 98,8% (sangat valid), dan tingkat validitas asesmen sebesar 100% (sangat valid). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran teks puisi berorientasi pembelajaran e-learning memiliki tingkat validitas sangat valid.

Kata Kunci: Validitas, perangkat pembelajaran; teks puisi; e-learning.

Biografi Penulis

Arnum Hardyanti Anjani, Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa

Diterbitkan

2021-05-08

Terbitan

Bagian

Articles