Aspek Gramatikal Keambiguitasan Iklan Komersial Media Cetak Balipost

Moerdani N. Alfonso

Abstract


Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan  aspek gramatikal keambiguitasan iklan komersial media cetak Balipost. Subjek penelitian ini adalah  iklan komersial media cetak Balipost. Sedangkan objeknya adalah aspek gramatikal keambiguitasan iklan komersial media cetak Balipost. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi identifikasi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan komersial media cetak Balipost memiliki keambiguitasan ditinjau melalui aspek gramatikal. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya kalimat maupun frasa yang mengandung keambiguan atau kegandaan makna dalam iklan komersial di media cetak Balipost.

Kata Kunci: Gramatikal; Iklan; Keambiguitasan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.38404

Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF file view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is published by:



Universitas Pendidikan Ganesha

 Indexed by:

  




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.