Aspek Gramatikal Keambiguitasan Iklan Komersial Media Cetak Balipost

Penulis

  • Moerdani N. Alfonso Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.38404

Abstrak

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan  aspek gramatikal keambiguitasan iklan komersial media cetak Balipost. Subjek penelitian ini adalah  iklan komersial media cetak Balipost. Sedangkan objeknya adalah aspek gramatikal keambiguitasan iklan komersial media cetak Balipost. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi identifikasi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan komersial media cetak Balipost memiliki keambiguitasan ditinjau melalui aspek gramatikal. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya kalimat maupun frasa yang mengandung keambiguan atau kegandaan makna dalam iklan komersial di media cetak Balipost.

Kata Kunci: Gramatikal; Iklan; Keambiguitasan.

Biografi Penulis

Moerdani N. Alfonso, Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah

Diterbitkan

2021-09-30

Terbitan

Bagian

Articles