PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI IA-3 DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA: DITINJAU DARI SEGI STRATEGI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR MENGAJAR

made ayuandari

Abstract


PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI IA-3 DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA: DITINJAU DARI SEGI STRATEGI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR MENGAJAR

oleh

Made Ayuandari, NIM 0912011067

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif yang  bertujuan (1) mendeskripsikan startegi guru dalam pembelajaran menulis naskah drama, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis kreatif naskah drama, dan (3)  mendeskripsikan hasil belajar-mengajar dalam pembelajaran menulis naskah drama. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA-3 SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 38 orang siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas tersebut. Metode yang digunakan  dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode dokumentasi. Data yang dikumpulkan melalui kedua metode tersebut dianalisis secara kualitatif.Hasil penelitian ini adalah (1) beberapa strategi  pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis naskah drama, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama yang tergolong aktif, dan (3) hasil belajara-mengajar dalam pembelajaran menulis naskah drama yang dapat digolongkan kategori baik. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini , yaitu (1) guru agar memilih strategi pembelajaran secara tepat sesuai dengan kondisi siswa, sehingga dapat menarik perhatian siswa dan menyenangkan bagi siswa; (2) siswa tidak perlu ragu dan takut bertanya di kelas, karena tidak akan ada seorang guru yang menyalahkan siswanya ketika bertanya. Oleh karena itu sikap percaya diri serta optimisme perlu dipupuk sebagai siswa yang baik, agar berani bertanya dan tampil di kelas ketika ditunjuk oleh guru, dan (3) bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian mengenai pembelajaran menulis naskah drama dilihat dari: strategi, aktivitas dan hasil belajar-mengajar di jenjang sekolah lainya seperti SMP, karena penelitian ini dilakukan di jenjang pendidikan SMA.

 

Kata kunci: menulis, naskah drama, strategi pembelajaran


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i5.519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.