PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI IA-3 DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA: DITINJAU DARI SEGI STRATEGI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR MENGAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i5.519Abstrak
PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI IA-3 DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA: DITINJAU DARI SEGI STRATEGI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR MENGAJAR
oleh
Made Ayuandari, NIM 0912011067
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif yang bertujuan (1) mendeskripsikan startegi guru dalam pembelajaran menulis naskah drama, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis kreatif naskah drama, dan (3) mendeskripsikan hasil belajar-mengajar dalam pembelajaran menulis naskah drama. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA-3 SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 38 orang siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode dokumentasi. Data yang dikumpulkan melalui kedua metode tersebut dianalisis secara kualitatif.Hasil penelitian ini adalah (1) beberapa strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis naskah drama, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama yang tergolong aktif, dan (3) hasil belajara-mengajar dalam pembelajaran menulis naskah drama yang dapat digolongkan kategori baik. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini , yaitu (1) guru agar memilih strategi pembelajaran secara tepat sesuai dengan kondisi siswa, sehingga dapat menarik perhatian siswa dan menyenangkan bagi siswa; (2) siswa tidak perlu ragu dan takut bertanya di kelas, karena tidak akan ada seorang guru yang menyalahkan siswanya ketika bertanya. Oleh karena itu sikap percaya diri serta optimisme perlu dipupuk sebagai siswa yang baik, agar berani bertanya dan tampil di kelas ketika ditunjuk oleh guru, dan (3) bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian mengenai pembelajaran menulis naskah drama dilihat dari: strategi, aktivitas dan hasil belajar-mengajar di jenjang sekolah lainya seperti SMP, karena penelitian ini dilakukan di jenjang pendidikan SMA.
Kata kunci: menulis, naskah drama, strategi pembelajaran
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)