PENERAPAN TEKNIK DEBAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 2 BANJAR

Indah Permata Sari

Abstract


PENERAPAN TEKNIK DEBAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 2 BANJAR

oleh

Siluh Putu Ayu Indah Permata Sari

NIM 0912011040

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ABSTRAK

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan teknik debat dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi (2) mendeskripsikan penerapan teknik debat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf argumentasi, (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan teknik debat dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X.1 SMA N 2 Banjar dengan objek penelitiannya adalah keterampilan menulis argumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode kuesioner atau angket. Data yang terkumpul diolah menggunakan teknik alanalisis data deskriptif dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah peningkatan nilai rata-rata kelas, yaitu 69,65 pada siklus I menjadi 79,19 pada siklus II. Ini berarti terjadi peningkatan yang signifikan nilai rata-rata kelas sebesar 9,54. Respon siswa terhadap proses pembelajaran sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa, (1) penerapan teknik debat dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentasi, (2) langkah-langkah pembelajaran teknik debat yang paling efektif adalah guru memaparkan materi mengenai argumentasi dan teknik debat yang akan dilaksanakan, kemudian menunjuk perwakilan siswa untuk berdebat sesuai dengan topik yang sudah disepakati, siswa yang lain menjadi penonton namun tetap dibagi menjadi kelompok pro dan kontra. Setelah debat selasai siswa kemudian melanjutkan menulis paragraf argumentasi sesuai dengan topik yang sudah diperdebatkan, (3) Respon siswa terhadap proses pembelajaran yang sudah diterapkan sangat positif.

 

Kata kunci:teknik debat, menulis paragraf argumentasi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i5.579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.