PENERAPAN TEKNIK DEBAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 2 BANJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i5.579Abstract
PENERAPAN TEKNIK DEBAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 2 BANJAR
oleh
Siluh Putu Ayu Indah Permata Sari
NIM 0912011040
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan teknik debat dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi (2) mendeskripsikan penerapan teknik debat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf argumentasi, (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan teknik debat dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X.1 SMA N 2 Banjar dengan objek penelitiannya adalah keterampilan menulis argumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode kuesioner atau angket. Data yang terkumpul diolah menggunakan teknik alanalisis data deskriptif dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah peningkatan nilai rata-rata kelas, yaitu 69,65 pada siklus I menjadi 79,19 pada siklus II. Ini berarti terjadi peningkatan yang signifikan nilai rata-rata kelas sebesar 9,54. Respon siswa terhadap proses pembelajaran sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa, (1) penerapan teknik debat dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentasi, (2) langkah-langkah pembelajaran teknik debat yang paling efektif adalah guru memaparkan materi mengenai argumentasi dan teknik debat yang akan dilaksanakan, kemudian menunjuk perwakilan siswa untuk berdebat sesuai dengan topik yang sudah disepakati, siswa yang lain menjadi penonton namun tetap dibagi menjadi kelompok pro dan kontra. Setelah debat selasai siswa kemudian melanjutkan menulis paragraf argumentasi sesuai dengan topik yang sudah diperdebatkan, (3) Respon siswa terhadap proses pembelajaran yang sudah diterapkan sangat positif.
Kata kunci:teknik debat, menulis paragraf argumentasi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)