STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 SD LAB. UNDIKSHA

Authors

  • Novi Ari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i5.583

Abstract

STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 SD LAB. UNDIKSHA

oleh

 

Ni Kadek Novi Ari, NIM 0912011077

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) strategi komunikasi yang muncul dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 1 SD Lab. Undiksha, (2) strategi komunikasi yang paling sering digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 1 SD Lab. Undiksha, dan (3) alasan guru memilih strategi komunikasi tersebut dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 1 SD Lab. Undiksha. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 1 SD Lab. Undiksha yang berjumlah 3 orang. Objek penelitian ini adalah strategi komunikasi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) munculnya berbagai strategi komunikasi yakni strategi pencapaian dengan bagiannya yaitu penggunaan sarana non-linguistis, permintaan bantuan, alih kode, pendekatan makna semantis, dan strategi mengulur-ulur waktu dengan bagiannya yaitu penggunaan bentuk tegun dan pengulangan kata, (2) strategi komunikasi yang paling sering digunakan guru adalah strategi komunikasi pencapian dengan bagiannya yaitu penggunaan sarana non-linguistis dan permintaan bantuan, dan (3) pemilihan strategi yang digunakan guru didasarkan atas pemikiran tentang karakteristik siswa yang sedang diajarkan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti lain disarankan untuk meneliti lebih mendalam lagi tentang strategi komunikasi.

 

Kata kunci: strategi komunikasi, pembelajaran bahasa Indonesia

Downloads

Published

2013-05-25

Issue

Section

Articles