STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 SD LAB. UNDIKSHA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i5.583Abstrak
STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 SD LAB. UNDIKSHA
oleh
Ni Kadek Novi Ari, NIM 0912011077
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) strategi komunikasi yang muncul dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 1 SD Lab. Undiksha, (2) strategi komunikasi yang paling sering digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 1 SD Lab. Undiksha, dan (3) alasan guru memilih strategi komunikasi tersebut dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 1 SD Lab. Undiksha. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 1 SD Lab. Undiksha yang berjumlah 3 orang. Objek penelitian ini adalah strategi komunikasi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) munculnya berbagai strategi komunikasi yakni strategi pencapaian dengan bagiannya yaitu penggunaan sarana non-linguistis, permintaan bantuan, alih kode, pendekatan makna semantis, dan strategi mengulur-ulur waktu dengan bagiannya yaitu penggunaan bentuk tegun dan pengulangan kata, (2) strategi komunikasi yang paling sering digunakan guru adalah strategi komunikasi pencapian dengan bagiannya yaitu penggunaan sarana non-linguistis dan permintaan bantuan, dan (3) pemilihan strategi yang digunakan guru didasarkan atas pemikiran tentang karakteristik siswa yang sedang diajarkan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti lain disarankan untuk meneliti lebih mendalam lagi tentang strategi komunikasi.
Kata kunci: strategi komunikasi, pembelajaran bahasa Indonesia
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)