ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI “LAPOR PAK!” PADA TAYANGAN YOUTUBE TRANS7 OFFICIAL DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT

ANALYSIS OF THE ILLOCUTIAL SPEECH ACT “REPORT SIR!” ON THE TRANS7 OFFICIAL YOUTUBE SHOW AND ITS RELEVANCE TO THE LEARNING OF ANECDOTE TEXTS

Authors

  • I Nyoman Rai Suwija Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ade Asih Susiari Tantri Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Mas Dewantara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i3.79868

Keywords:

lapor pak, teks anekdot, tindak tutur ilokusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fungsi tindak tutur ilokusi yang dikembangkan oleh Searle meliputi asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif pada tayangan “Lapor Pak!” di kanal YouTube Trans7 Official serta relevansinya terhadap pembelajaran teks anekdot. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan metode simak dan catat dengan instrumen penelitian berupa kartu data. Hasil analisis tuturan-tuturan ilokusi pada tayangan “Lapor Pak!” secara keseluruhan ditemukan 79 data yang terbagi menjadi 33 data tuturan asertif, 21 data tuturan direktif, 3 data tuturan komisif, 22 data tuturan ekspresif, dan tidak ditemukan data berupa tindak tutur deklaratif. Untuk menunjukkan relevansi dengan pembelajaran teks anekdot dilihat dari Capaian Pembelajaran sebagai hasil dari tujuan pembelajaran. Melihat Capaian Pembelajaran tayangan “Lapor Pak!” lebih cocok digunakan pada elemen berbicara karena gestur tidak bisa dituangkan kedalam tulisan. Namun tayangan “Lapor Pak!” masih bisa digunakan sebagai materi pembelajaran teks anekdot karena memiliki tujuan yang sama dan tuturan-tuturan ilokusi pada tayangan “Lapor Pak!” bisa digunakan sebagai landasan dalam menyampaikan gagasan kedalam teks anekdot.

References

Austin, J. L. 1962. How do to Things with Words. Oxford: The Clarendon Press.

Aprilia, L., Budiarti, A., & Fauziyyah, D. F. (2023). Tindak Tutur Ekspresif Mengkritik Dalam Film Gila Lu Ndro! Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Teks Anekdot Kelas X Sma. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5453-5478.

Badriah, S. F. 2022. Tindak Tutur Ilokusi dalam Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Pariaman (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik Suatu Perkenalan Awal. Rineka Cipta. Jakarta.

Darmayanti, S. W. 2016. "Modul Elektronik Bahasa Indonesia: Menyampaikan Ide Melalui Anekdot". Modul. Sumbawa Besar.

Dwitayanti Ni Made Tania, Ni Made Rai Wisudariani, & Kadek Wirahyuni. 2022. Analisis Kaidah Kebahasaan Komik Digital Webtoon ”Lucunya Hidup Ini” serta Implikasinya sebagai Media Pembelajaran Teks Anekdot pada Jenjang Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ikatan Keluarga Alumni Undiksha, 20(2), 92-103. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/47563

Goffman, E. 1959. The Presentation of Self in Everyday Life. Garden City, NY:Doubleday.

Habermas, J. 1998. On the Pragmatics of Communication. Cambridge: The MIT Press.

Ida Bagus Putrayasa. 2014. Pragmatik. Yogyakarta:Graha Ilmu

Idawati, E. F. 2020. Tindak Tutur Ilokusi dalam Film Pendek “Tilik (2018)”. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia . 3(2), 61-69. Tersedia pada https://jurnal. umj. ac. id/index. php/penaliterasiEmail, 6169.

Krifka, M. 2007. Sprechakte und Satztypen. Berlin. Institutfür Deutsche Sprache and Linguistik, Humboldt-Universität.

Leech, Geoffrey N.1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik (edisi terjemahan). Jakarta: UI Press

Lautfer. Ruth. 1993. Pedoman Pelayanan Anak. Malang Indonesia : Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia

Leech, Geoffrey. 1983. The Prncple of Peragmatics. New York. Longman Group Limited

Masruroh, N. 2018. Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X1. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makasar: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan .

Meirisa, M., Rasyid, Y., & Murtadho, F. 2017. Tindak Tutur Ilokusi dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kajian Etnografi Komunikasi di SMA Ehipassiko School Bsd). Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(2), 1-14.

Mustika Dwi Bayu, Ida Ayu Made Darmayanti, & Ni Made Rai Wisudariani. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dalam Pembelajaran Teks Anekdot. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 14(1) 27-34. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/76561

Rahardi, Kunjana. 2003. Berkenalan dengan Ilmu Bahasa Pragmatik. Malang: Dioma

Rahayuningsih, P. 2022. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(1), 3-9.

Richard, Jack C. 1995. On Conversation (Terjemahan oleh Ismari). Airlangga University Press, Surabaya.

Rohmadi, Muhammad. 2004. Pragmatik Teori dan Analisis. Yogyakarta: Lingkar Media Yogya

Rustono. 1999. Pokok-Pokok Pragmatik. CV.IKIP:Semarang Press.

Sugyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Saifudin, A. 2019. Teori Tindak Tutur dalam Studi Linguistik Pragmatik. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 15 (1), 1–16.

Saifudin, A. 2018. Konteks dalam Studi Linguistik Pragmatik. Lite: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 14(2), 108-117.

Siregar, R. A., & Kusyani, D. 2021. Tindak Tutur Ekspresif dalam Meme Bu Tejo Tilik di Twitter Sebagai Bahan Ajar Siswa SMP (Suatu Kajian Pragmatik). Prasasti: Journal of Linguistics, 6(2), 226-238.

Umat, W. I. A., & Utomo, A. P. Y. 2024. Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Film Dua Garis Biru Karya Ginatri S. Noer (Kajian Pragmatik). Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 129-138.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles