PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA SAJAK
THE EFFECT OF USE OF WORDWALL APPLICATION-BASED LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN READING POETRY
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i2.81520Keywords:
media wordwall, sajak, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar siswa dalam membaca sajak di kelas VII SMP Negeri 1 Cipicung. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Cipicung. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil uji t berpasangan menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest, dengan rata-rata perbedaan -33.871 dan interval kepercayaan 95% antara -39.837 dan -27.905. Nilai t yang diperoleh adalah -11.595 dengan derajat kebebasan 30, dan nilai signifikansi (p-value) sebesar .000. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi Wordwall secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca sajak.
References
Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan. Jurnal Pendidikan, 1 no 7(April 2015), 267–283. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6594/2817
Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Psikologi, 4(2), 1653–1660. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=62924&val=4564
Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan Wordwall Game Quis berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324–332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716
Arwita, P. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris (JUPENSI), 3(2), 51–62.
Elva Nuraina, F. S. (2017). Pengaruh sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Madiun. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 5(1), 45. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v5i1.1005
Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079
Heni Setiani, H. T. (2016). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Pembelajaran Membaca Sajak Di SMP Kelas VIII. 2.
Kaniawati, D., & Haerudin, D. (2019). Kumpulan sajak Puisi Sunda Selepas Perang Dunia Kedua Karya Iyo Mulyono, dkk. sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa Sunda. Seminar Internasional Riksa …, 1699–1708. http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1044%0Ahttp://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/download/1044/967
Khofifah Indra Sukma, & Trisni Handayani. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz terhadap Hasil Belajar Ipa di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767
Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., Damayani, A. T., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Pendidikan, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga berbagai Pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, Vol: 7 No:, 256.
Mohammad Fikriansyah, & Idzi’ Layyinnati. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Website (Wordwall) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 07 Paciran. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 4(2), 1–34. https://doi.org/10.37286/jmp.v4i2.248
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall dalam Pembelajaran Matematika terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005
Putri, M., Rakimahwati, R., & Zulminiati, Z. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Bermain Peran Makro terhadap Perkembangan Bahasa Lisan Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Kota Padang. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(2), 80. https://doi.org/10.31331/sece.v1i2.730
Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42
Shofiya Launin, Wahyu Nugroho, & Angga Setiawan. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–223. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.176
Siang, J. L. (2023). Efektifitas Metode Bercerita dalam Pembelajaran PAK. 4(1), 30–36. https://doi.org/10.51667/mjtpk.v4i1.1305
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Suryadi, N., Linda, R., & Aldo Sofyan, M. (2022). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Manajerial Pada Rsj Tampan Provinsi Riau. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(2), 1–10. https://doi.org/10.32520/jak.v10i2.1787
Wahyuningtias, D., Putranto, T. S., & Kusdiana, R. N. (2014). Uji Kesukaan Hasil Jadi Kue Brownies Menggunakan Tepung Terigu dan Tepung Gandum Utuh. Binus Business Review, 5(1), 57. https://doi.org/10.21512/bbr.v5i1.1196
Yudia Nikmatul, S. (2023). Model Kausalitik Pada Materi Momentum dan Impuls. 9(2012), 126–132.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iyang Khoeriyatul Umah, Fajar Sukma Nur Alam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)