PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA SAJAK

THE EFFECT OF USE OF WORDWALL APPLICATION-BASED LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN READING POETRY

Penulis

  • Iyang Khoeriyatul Umah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Fajar Sukma Nur Alam STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i2.81520

Kata Kunci:

media wordwall, sajak, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar siswa dalam membaca sajak di kelas VII SMP Negeri 1 Cipicung. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Cipicung. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil uji t berpasangan menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest, dengan rata-rata perbedaan -33.871 dan interval kepercayaan 95% antara -39.837 dan -27.905. Nilai t yang diperoleh adalah -11.595 dengan derajat kebebasan 30, dan nilai signifikansi (p-value) sebesar .000. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi Wordwall secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca sajak.

Referensi

Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan. Jurnal Pendidikan, 1 no 7(April 2015), 267–283. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6594/2817

Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Psikologi, 4(2), 1653–1660. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=62924&val=4564

Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan Wordwall Game Quis berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324–332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716

Arwita, P. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris (JUPENSI), 3(2), 51–62.

Elva Nuraina, F. S. (2017). Pengaruh sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Madiun. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 5(1), 45. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v5i1.1005

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079

Heni Setiani, H. T. (2016). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Pembelajaran Membaca Sajak Di SMP Kelas VIII. 2.

Kaniawati, D., & Haerudin, D. (2019). Kumpulan sajak Puisi Sunda Selepas Perang Dunia Kedua Karya Iyo Mulyono, dkk. sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa Sunda. Seminar Internasional Riksa …, 1699–1708. http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1044%0Ahttp://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/download/1044/967

Khofifah Indra Sukma, & Trisni Handayani. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz terhadap Hasil Belajar Ipa di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767

Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., Damayani, A. T., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Pendidikan, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga berbagai Pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, Vol: 7 No:, 256.

Mohammad Fikriansyah, & Idzi’ Layyinnati. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Website (Wordwall) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 07 Paciran. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 4(2), 1–34. https://doi.org/10.37286/jmp.v4i2.248

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall dalam Pembelajaran Matematika terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Putri, M., Rakimahwati, R., & Zulminiati, Z. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Bermain Peran Makro terhadap Perkembangan Bahasa Lisan Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Kota Padang. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(2), 80. https://doi.org/10.31331/sece.v1i2.730

Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42

Shofiya Launin, Wahyu Nugroho, & Angga Setiawan. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–223. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.176

Siang, J. L. (2023). Efektifitas Metode Bercerita dalam Pembelajaran PAK. 4(1), 30–36. https://doi.org/10.51667/mjtpk.v4i1.1305

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Suryadi, N., Linda, R., & Aldo Sofyan, M. (2022). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Manajerial Pada Rsj Tampan Provinsi Riau. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(2), 1–10. https://doi.org/10.32520/jak.v10i2.1787

Wahyuningtias, D., Putranto, T. S., & Kusdiana, R. N. (2014). Uji Kesukaan Hasil Jadi Kue Brownies Menggunakan Tepung Terigu dan Tepung Gandum Utuh. Binus Business Review, 5(1), 57. https://doi.org/10.21512/bbr.v5i1.1196

Yudia Nikmatul, S. (2023). Model Kausalitik Pada Materi Momentum dan Impuls. 9(2012), 126–132.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles