PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i2.363Abstract
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN TERCAPAINYA KETUNTASAN HASIL BELAJAR MENULIS KARYA ILMIAH
SISWA KELAS XI IPS 1 SMA SARASWATI SERIRIT
oleh
I Ketut Turyantana, NIM 0912011040
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa hingga tercapainya tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada kegiatan menulis karya ilmiah dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama penerapan model pembelajaran berbasis proyek berlangsung, (3) mendeskripsikan langkah-langkah yang ditempuh dalam menerapkan model pembelajaran berbasis proyek, dan (4) mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan dan siswa kelas XI IPS 1 SMA Saraswati Seririt yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil, aktivitas siswa, langkah-langkah, dan respons siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi,, dan metode angket/kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif
Hasil penelitian ini adalah (1) tercapainya ketuntasan hasil belajar menulis karya ilmiah siswa berkat diterapkannya model pembelajaran berbasis proyek, yakni pada pratindakan skor rata-rata klasikal 67, siklus I memperoleh skor rata-rata klasikal 70, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 79, (2) siswa terlihat aktif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, (3) terdapat beberapa langkah penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan tercapainya ketuntasan hasil belajar menulis karya ilmiah. Langkah-langkah tersebut menekankan pada pembelajaran menulis karya ilmiah yang sebelumnya diajak untuk membuat kerangka makalah yang dapat membuat siswa melakukan kegiatan menulis makalah dengan lebih baik, dan (4) siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis karya ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti lain disarankan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran bahasa yang lain.
Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, menulis, karya ilmiah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)