ANALISIS KESESUAIAN ANTARA TEMA, TUJUAN, DAN MATERI AJAR BUKU TEKS BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS XI SEMESTER 1 SMA DENGAN SILABUS KURIKULUM 2013

Authors

  • Ni Luh Sovianita Natalia .
  • Prof. Dr. I Nengah Suandi,M.Hum .
  • I Nyoman Yasa, S.Pd., M.A. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.5950

Abstract

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesesuaian antara tema buku teks bahasa Indonesia untuk siswa Kelas XI semester 1 SMA dengan Silabus Kurikulum 2013, (2) kesesuaian antara tujuan buku teks bahasa Indonesia untuk siswa Kelas XI semester 1 SMA dengan Silabus Kurikulum 2013, (3) kesesuaian antara materi ajar buku teks bahasa Indonesia untuk siswa Kelas XI semester 1 SMA dengan Silabus Kurikulum 2013. Subjek penelitian ini adalah buku teks siswa kelas XI semester 1 SMA. Objek penelitian ini adalah tema, tujuan, dan materi ajar yang ada pada buku teks. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tema buku teks bahasa Indonesia untuk kelas XI semester 1 kurikulum 2013 SMA sudah sesuai dengan materi yang ada pada silabus, (2) tujuan buku teks bahasa Indonesia untuk Kelas XI semester 1 SMA dengan Silabus Kurikulum 2013 sudah sesuai dengan materi yang akan dipelajari pada masing-masing bab, (3) materi ajar buku teks bahasa Indonesia untuk Kelas XI semester 1 SMA dengan Silabus Kurikulum 2013 ada ketidaksesuaian materi ajar. Ada beberapa materi ajar yang mencerminkan kompetensi inti 1 dan 2 seharusnya termuat pada silabus semester 2, tetapi muncul pada silabus semeter 1. Selain itu, pada bab 2 ada ketidaksesuaian mengenai struktur teks pantun.
Kata Kunci : Kata kunci: Buku teks, silabus, kurikulum 2013

This qualitative descriptive research is aimed at describing (1) the conformity between themes used in Indonesian textbook for first semester of Grade 11 and syllabus of Curricullum year 2013, (2) conformity between the aims of Indonesian textbook for first semester of Grade 11 and syllabus Curricullum year 2013, (3) the conformity between teaching materials in Indonesia textbooks for first semester of Grade 11 and syllabus Curriculum Year 2013. The subject of this research was Indonesian textbooks used by of High School students at first semester of Grade 11. Data collection method used in this research was documenting and interviewing. Collected data then was analyzed with qualitative descriptive design. Findings of this research demonstrates (1) the themes in the Indonesian textbook for first semester of Grade 11 of Curriculum year 2013 was conformed to the learning material on syllabus, (2) the aims of Indonesian textbooks for first semester of Grade 11 has conformed to syllabus curriculum Year 2013, (3) there were conformity between learning materials used in Indonesian textbooks for first semester of Grade 11 and syllabus curriculum year 2013, but some seemed unsuitability. There were some of learning materials that demonstrated core competency area 1 and 2 supposed to be included in syllabus for second semester, yet it was appeared in syllabus of first semester. Besides, there were unsuitability of the traditional verse poetry text structuresappeared in chapter 2.
keyword : Keywords: Textbooks, syllabuses, curriculum 2013

Published

2015-08-17

Issue

Section

Articles