THE EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI GAMES “MENCARI JEJAK”

EVALUATION OF INDONESIAN LANGUAGE LEARNING THROUGH THE GAMES "FINDING TRACKS"

Authors

  • Anisah Rahmayanti UIN Syarif Hidayatullah
  • Athiyyah Nur Roihanah 3UIN Syarif Hidayatullah
  • Nur Syamsiyah UIN Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i2.76005

Keywords:

evaluasi pembelajaran, mencari jejak, pembelajaran berbasis game

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran game-based learning "Mencari Jejak” yang diterapkan dalam evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia yaitu materi teks eksplanasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode metode deskriptif kualitatif, yakni menggambarkan hasil penelitian dengan penjelasan yang sesuai dengan fakta. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi secara langsung dengan datang ke sekolah SMAIT Mutiara Hikmah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya penerapan game-based learning “Mencari Jejak” sangat efektif digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia. Dikatakan seperti itu karena dengan menerapkan metode pembelajaran game-based learning dalam proses evaluasi pembelajaran maka menjadikan hasil evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia peserta didik SMA kelas XI banyak yang di atas KKM, yaitu terdapat 15 dari 19 peserta didik berhasil memperoleh nilai di atas KKM, yakni tujuh peserta didik mendapat nilai 100, tiga peserta didik mendapat nilai 93, Serta lima peserta didik mendapat nilai 79. Sedangkan yang nilainya di bawah KKM hanya 4 dari 19 peserta didik saja, yaitu dua peserta didik mendapat nilai 72, satu peserta didik mendapat nilai 64, dan satu peserta didik mendapat nilai 57.

References

Anggraini, M. C., & Kristin, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4207-4213.

Candra, A. M., & Rahayu, T. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2311-2321.

D Aulia, R.N., Risma, R., & Dede, P. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika, 1(1), 1-9.

Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayah, N., & Santika, L.D.P. (2023). Efektivitas Penerapan Metode Game-Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas VI DI MIS Sidorejo Tirto Pekalongan. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 3(3), 94-106.

Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 1-5.

Kusyairi,. dkk. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Pamekasan. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 448-261.

Mukhlis, M., dkk. (2021). Pelaksanaan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru pada Masa Pandemi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2), 109-120.

Neolaka, A., & Grace, A.A. Neolaka. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: PT. Kharisma Putra Utama.

Pamuji, A.R., & Dian, H. (2021). Model Pengembangan dan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs Karangkajen. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(1), 158-168.

Permana, N.S. (2022). Game Based Learning Sebagai Salah Satu Solusi dan Inovasi Pembelajaran Bagi Generasi Digital Native. Jurnal Pendidikan Agama Katolik (JPAK), 22(2), 313-321.

Phafiandita, A.N., Ayu, P., Alsa, S.P., & M. Iqbal.W. Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 3(2), 111-121.

Pranoto, S.E. (2020). Penggunaan Game Based Learning Quizizz untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Materi Globalisasi Kelas XII IPS SMA Darul Hikmah Kutoarjo. Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, 4(1), 25-38.

Putra, L.D., Nabila, D.A., Fahmi, R.R., Ashila, N.S., & Khairil, A. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 81-95.

Siregar, P.D., & Melyani, S.S. (2023). Pengaruh Model Game Based Learning terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan. Journal of Student Development Informatics Management (JoSDIM), 3(2), 263-271.

Tyas, D. N., Ahmadi, F., Sulistyorini, S., & Putra, G. M. C. (2022, December). Pengembangan Digital Game Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Penyusunan Karya Inovatif Bagi Guru SD Gugus Srikandi. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Ulfa, E. M., Sari, A. F. P., Baryroh, F., Ridlo, Z. R., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9344-9355.

Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 55-63.

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68-73.

Widiana, I.W. (2022). Games Based Learning dan Dampaknya terhadap Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 1-10.

Winatha, K.R., & I Made, D.S. (2020). Pengaruh Game-Based Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 198-206.

Yuliyanti. (2015). Efektivitas Strategi QUIP (questions into paragraphs) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Imogiri Bantul DIY. Skripsi.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles