MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUNTING PARAGRAF ARGUMENTATIF DARI SEGI BAHASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X.4 SMA SARASWATI SERIRIT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i7.1168Abstrak
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUNTING PARAGRAF ARGUMENTATIF DARI SEGI BAHASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X.4 SMA SARASWATI SERIRIT
oleh
Ni Putu Eka Narwianti, NIM 0912011045
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa menyunting paragraf argumentatif dengan penerapan metode inkuiri, (2) mendeskripsikan langkah-langkah yang tepat dalam penerapan metode inkuiri, dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan metode inkuiri. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X.4 SMA Saraswati Seririt yang berjumlah 33 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil, langkah-langkah penerapan metode inkuiri dan respons siswa terhadap penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran menyunting paragraf argumentatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket/kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuntitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan metode pembelajaran inkuiri meningkatkan kemampuan siswa menyunting paragraf argumentatif, (2) terdapat 11 langkah penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan kemampuan siswa menyunting paragraf argumentatif. Langkah-langkah tersebut menekankan pada siswa untuk berpikir dan bekerja keras atas inisiatif sendiri, bersikap objektif, jujur dan terbuka dalam pembelajaran menyunting paragraf argumentatif, dan (3) siswa memberikan respons positif terhadap penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran menyunting paragraf argumentatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri menunjukkan hasil yang positif, baik itu hasil belajar menyunting paragraf argumentatif, langkah-langkah penerapan metode pembelajaran, maupun respons yang diberikan oleh siswa.
Kata kunci: metode pembelajaran inkuiri, menyunting, paragraf argumentatif
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)