PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS BERITA YANG DITERAPKAN GURU DI KELAS VIIIA SMP KATOLIK SANTO PAULUS SINGARAJA TAHUN AJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i8.1182Abstrak
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS BERITA YANG DITERAPKAN GURU DI KELAS VIIIA SMP KATOLIK SANTO PAULUS SINGARAJA TAHUN AJARAN 2012/2013
Oleh
I Wayan Kartiyasa, NIM. 0612011070
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis berita di kelas VIIIA SMPK Santo Paulus Singaraja, dan (2) mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran menulis berita di kelas VIIIA SMPK Santo Paulus Singaraja
Subjek penelitian ini adalah guru bahasa dan sastra Indonesia yang mengajar di kelas VIIIA SMPK Santo Paulus Singaraja. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran menulis berita yang dilaksanakan guru kelas VIIIA SMPK Santo Paulus Singaraja.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa transkripsi hasil observasi lapangan dan wawancara. Instrumen utama pengumpul dan penganalisis data adalah peneliti sendiri. Analisis dilakukan selama dan setelah pengumpulan data dengan alur kerja reduksi, paparan, dan klasifikasi, dan penyimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran menulis berita pada siswa kelas VIIIA SMPK Santo Paulus Singaraja berlangsung selama dua kali pertemuan. Langkah-langkah pembelajaran di kelas VIIIA SMPK Santo Paulus Singaraja meliputi tiga tahap, yakni kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pelaksanaan pembelajaran menulis berita sudah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari model, metode, dan media yang digunakan guru serta kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan Permendiknas No. 41 tahun 2007. 2) Hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran menulis berita ialah siswa kurang memperhatikan guru menjelaskan materi pelajaran. Hambatan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran menulis berita adalah siswa kurang mampu menggunakan bahasa yang efektif dalam menulis berita.
Kata-kata kunci: pelaksanaan pembelajaran, menulis berita, dan hambatan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)