ANALISIS TES SUMATIF BUATAN GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI IPA SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i8.1218Abstrak
ANALISIS TES SUMATIF BUATAN GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI IPA SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2012/2013
oleh
Ni Wayan Nalarastu Widyaningsih, NIM 0812011047
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan tujuan memaparkan (1) kualitas tes sumatif bidang studi Bahasa Indonesia kelas XI IPA SMA Laboratorium Undiksha Singaraja ditinjau dari segi bahasa, (2) kualitas tes sumatif bidang studi Bahasa Indonesia kelas XI IPA SMA Laboratorium Undiksha Singaraja ditinjau dari segi isi, (3) kualitas tes sumatif bidang studi Bahasa Indonesia kelas XI IPA SMA Laboratorium Undiksha Singaraja ditinjau dari segi kepraktisan, dan (4) hambatan-hambatan yang ditemui saat menyusun tes sumatif oleh guru bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah naskah tes sumatif dan guru kelas XI IPA SMA Laboratorium Undiksha Singaraja Objek dalam penelitian ini adalah kualitas tes sumatif yang dibuat guru kelas XI IPA SMA Laboratorium Undiksha Singaraja ditinjau dari segi bahasa, isi, dan kepraktisan serta hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru dalam menyusun tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tes sumatif bidang studi Bahasa Indonesia kelas XI IPA SMA Laboratorium Undiksha Singaraja meliputi (1) ditinjau dari segi bahasa dinilai baik sekali; (2) dari segi isi dinilai cukup baik; (3) dari segi kepraktisan, tes yang dibuat oleh guru telah memenuhi kriteria kepraktisan; (4) hambatan-hambatan yang ditemui saat menyusun tes, yaitu materi pada tiap semester banyak sehingga guru harus mampu merealisasikan materi tersebut ke dalam bentuk soal.
Kata kunci: tes sumatif, mata pelajaran bahasa Indonesia
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)