PEMANFAATAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penulis

  • Ni Kadek Mega Ratnawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Dewa Gede Budi Utama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Mas Dewantara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20300

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan e-learning pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas XI dan siswa kelas XI IBB 2 sedangkan objek penelitian ini adalah pemanfaatan e-learning. Data pemanfaatan e-learning pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Singaraja dilihat dari aplikasi yang digunakan, penerapan e-learning dalam pembelajaran dan manfaat e-learning bagi guru. Data dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian, yaitu pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Singaraja menerapkan e-learning jenis blended learning dengan memanfaatkan aplikasi schoology,  dan manfaat e-learning bagi guru, yaitu e-learning berfungsi sebagai supplement, e-learning  berfungsi sebagai complement, e-learning dapat melengkapi pembelajaran konvensional, e-learning merupakan cara belajar yang sehat, e-learning dapat melatih kemandirian belajar peserta didik, dan e-learning menjadi sumber informasi belajar bagi peserta didik.

Diterbitkan

2019-09-05

Terbitan

Bagian

Articles