Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menulis Resensi Novel di Kelas XI A MA Sunan Ampel Sumberkima

Penulis

  • Mohammad Malik Jabbar Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sri Indriani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Artawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20324

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis resensi novel menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compositions (CIRC), di kelas XI A MA Sunan Ampel Sumberkima. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) langkah-langkah yang ditempuh dalam penerapan metode pembelajaran Coperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (2) peningkatan hasil belajar siswa hingga tercapainya tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada kegiatan menulis resensi novel, (3) respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran Coperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penenelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI A MA Sunan Ampel Sumberkima dan objek yang dikaji adalah langkah-langkah penerapan model pembelajaran Coperative Integrated Reading and Composition (CIRC), kemampuan siswa menulis resensi novel, dan respons siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Coperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran menululis resensi novel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, kuesioner dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) langkah-langkah pembelajran yang tepat dalam penelitian ini dititikberatkan pada tiga hal, yaitu pemberian contoh yang sesuai dengan jumlah masing-masing anggota kelompok, pemberian contoh resensi novel yang dekat dengan lingkungan siswa, dan mengajak siswa menganalisis contoh tersebut; (2) penerapan model pembelajaran Coperativve integrated reading and composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar menulis resensi novel siswa. Penelitian menyarankan agar hasil penenelitian ini dapat diterapkan oleh guru bahasa indonesia untuk menuingkatkan hasil belajar siswa dalam menulis resensi novel.

Diterbitkan

2019-09-05

Terbitan

Bagian

Articles