PENGGUNAAN METODE CURAH PENDAPAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DI KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 1 SAWAN

Penulis

  • Ni Putu Kusma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wendra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20380

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) penerapan metode Curah Pendapat oleh guru bahasa Indonesia pada pembelajaran menulis puisi (2)kendala yang dihadapi guru bahasa Indonesia dalam menerapkan metode Curah Pendapat pada pembelajaran menulis puisi (3) kendala yang dihadapi siswa ketika guru bahasa Indonesia menerapkan metode Curah Pendapat dalam pembelajaran menulis puisi (4) respons siswa terhadap pembelajaran menulis puisi menggunakan metode Curah Pendapat oleh guru bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Sawan. Objek dalam penelitian ini adalahpenerapan metode Curah Pendapat, kendala yang dihadapi oleh guru dan siswadalam penerapan metode Curah Pendapat, serta respons dari siswa terhadap penerapan metode Curah Pendapat. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode Curah Pendapat mampu diterapkan oleh guru dengan baik dan sesuai prosedur (2) tidak terdapat kendala yang dihadapi guru bahasa indonesia dalam menerapkan metode Curah Pendapat pada materi menulis puisi (3) sebagian besar siswa tidak mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan penerapan metode Curah Pendapatoleh guru (4) sebagian besar siswa merespon positif terhadap pembelajaran dengan metode Curah Pendapat pada materi menulis puisi.

Diterbitkan

2019-09-05

Terbitan

Bagian

Articles