PEMBELAJARAN DRAMA DI KELAS XI IBB SMA NEGERI 1 TEJAKULA

Penulis

  • Ayu Widiastawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Martha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Rai Wisudariani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20392

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan : (1) perencanaan pembelajaran drama, (2) pelaksanaan pembelajaran drama, (3) hasil evaluasi pembelajaran drama, (4) teknik evaluasi pembelajaran drama. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di kelas XI IBB SMA Negeri 1 Tejakula. Objek penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, hasil evaluasi, dan teknik evaluasi dalam pembelajaran drama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini mencakup tiga hal, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran drama yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri atas silabus, RPP, media pembelajaran, dan evaluasi. (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang tertera pada RPP meliputi : pendahuluan, inti, dan penutup. (3) hasil evaluasi pembelajaran drama yang dilakukan guru sudah sangat baik, peserta didik sangat antusias mengikuti pembelajaran, nilai peserta didik di atas KKM, tidak ada siswa yang remidi, 6 orang siswa memperoleh nilai tertinggi dengan nilai 95. Peserta didik yang lain memperoleh nilai 70 sampai 80. (4) teknik evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi penilaian sikap pengetahuan, keterampilan, remedial dan pengayaan. Menggunakan metode penilaian observasi, penilaian diri, penilaian antartema, tes lisan, penugasan, tes tertulis, portofolio, praktik, produk, dan proyek.Disarankan, guru dapat mengikuti cara ini dalam melakukan pembelajaran drama.

Diterbitkan

2019-09-05

Terbitan

Bagian

Articles