PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20462Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks dan (2) pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks di SMA Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Singaraja. Objek penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks dan (2) pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks di SMA Negeri 1 Singaraja. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara (semi terstruktur). Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan, penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks sudah sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016 dan terkandung sintak pembelajaran berbasis teks berdasarkan Kemendikbud (2013b: vi). (2) pelaksanaan pembelajaran sudah dilaksanakan sesuai isi skenario pembelajaran dan sintak pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks sudah tampak.Unduhan
Diterbitkan
2019-09-05
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)