ANALISIS KALIMAT IMPERATIF DALAM VIDEO TUTORIAL SKINCARE CLARIN HAYES DI YOUTUBE DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR DI SMA

Penulis

  • Anak Agung Sri Darmawanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sri Indriani Unoversitas Pendidikan Ganesha
  • Made Astika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20488

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kalimat imperatif dalam video tutorial skincare Clarin Hayes di Youtube, dan (2) untuk mendeskripsikan kesesuaian video tutorial skincare Clarin Hayes di Youtube sebagai bahan ajar teks prosedur di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan dengan teknik analisi deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) video tutorial skincare Clarin Hayes menggunakan lima macam kalimat imperatif; kalimat imperatif permintaan paling banyak digunakan dalam video tutorial skincare Clarin Hayes; yang terdiri atas 9 kalimat imperatif biasa, 23  kalimat imperatif permintaan, 5 kalimat imperatif pemberian izin, 9 kalimat imperatif ajakan, dan 15 kalimat imperatif suruhan; (2) video tutorial skincare Clarin Hayes memiliki relevansi dengan pembelajaran teks prosedur di SMA; video tutorial Skincare Clarin Hayes memiliki struktur dan syarat sesuai dengan pembelajaran teks prosedur, semua struktur dan kaidah kebahasan dalam teks prosedur; terdapat dalam video tutorial skincare Clarin Hayes hanya saja menggunakan gaya bahasa nonbaku

Diterbitkan

2019-09-05

Terbitan

Bagian

Articles