PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT PADA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Penulis

  • mastina surya marta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.275

Abstrak

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT PADA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

oleh

Mastina Surya Ade Marta, NIM 0912011020

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ABSTRAK

Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan menjelaskan dan memberikan gambaran mengenai pembelajaran membaca cepat di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja yang terdiri atas : perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan cara guru mengevaluasi pembelajaran membaca cepat. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia sebanyak 1 orang dan objek penelitian ini adalah pembelajaran membaca cepat pada siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh beberapa kesimpulan, sebagai berikut (1) perencanaan pembelajaran membaca cepat yang dilakukan guru sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, (2) pelaksanaan pembelajaran membaca cepat pada siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja berlangsung 2 jam pelajaran (2x45 menit) yang terdiri atas tiga kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi), kegiatan penutup, dan (3) pelaksanaan evaluasi pembelajaran membaca cepat di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja dilakukan menggunakan tes esai karena tes esai efektif untuk mengukur kemampuan membaca. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah sebagai berikut. (1) hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi pelaksanaan pembelajaran membaca cepat, (2) guru hendaknya mengajak siswa untuk bersama-sama menyimpulkan pembelajaran. (3) lembaga sekolah dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai informasi awal untuk mengambil kebijakan, dan (4) peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian yang lebih lengkap dan menyeluruh tentang membaca cepat.

Kata kunci : pembelajaran, membaca cepat, SMA Laboratorium

Biografi Penulis

mastina surya marta

Diterbitkan

2013-01-23

Terbitan

Bagian

Articles