PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT PADA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.275Abstrak
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT PADA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
oleh
Mastina Surya Ade Marta, NIM 0912011020
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ABSTRAK
Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan menjelaskan dan memberikan gambaran mengenai pembelajaran membaca cepat di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja yang terdiri atas : perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan cara guru mengevaluasi pembelajaran membaca cepat. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia sebanyak 1 orang dan objek penelitian ini adalah pembelajaran membaca cepat pada siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh beberapa kesimpulan, sebagai berikut (1) perencanaan pembelajaran membaca cepat yang dilakukan guru sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, (2) pelaksanaan pembelajaran membaca cepat pada siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja berlangsung 2 jam pelajaran (2x45 menit) yang terdiri atas tiga kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi), kegiatan penutup, dan (3) pelaksanaan evaluasi pembelajaran membaca cepat di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja dilakukan menggunakan tes esai karena tes esai efektif untuk mengukur kemampuan membaca. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah sebagai berikut. (1) hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi pelaksanaan pembelajaran membaca cepat, (2) guru hendaknya mengajak siswa untuk bersama-sama menyimpulkan pembelajaran. (3) lembaga sekolah dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai informasi awal untuk mengambil kebijakan, dan (4) peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian yang lebih lengkap dan menyeluruh tentang membaca cepat.
Kata kunci : pembelajaran, membaca cepat, SMA Laboratorium
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)