PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TEJAKULA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.278Abstrak
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TEJAKULA
oleh
Gede Karmayasa, NIM 0812011076
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan guru sebelum menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran menyimak di Kelas XI SMA Negeri 1 Tejakula, (2) pelaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran menyimak di Kelas XI SMA Negeri 1 Tejakula, dan (3) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran menyimak di Kelas XI SMA Negeri 1 Tejakula. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian adalah dua guru Bahasa Indonesia yang mengajar di Kelas XI. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, pencatatan dokumen, dan wawancara. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar pencatatan. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan yang dibuat oleh guru sebelum menerapkan model pembelajaran menyimak tidak berpedoman dengan Permen 41 Tahun 2007. Guru masih lemah dalam merancang perencanaan pembelajaran, (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran aspek menyimak di Kelas XI, SMA Negeri 1 guru selalu melaksanakan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam kegiatan inti, guru melaksanakan kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Dalam kegiatan eksplorasi guru menerapkan komponen konstruktifisme dalam pembelajaran. Dalam kegiatan elaborasi, guru melaksanakan pembelajaran inkuiri, masyarakat belajar, dan bertanya melalui tanya jawab. Kegiatan konfirmasi tidak tergambar dengan jelas pelaksanaannya. Penerapan CTL dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum berjalan dengan baik. (3) Kandala-kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran aspek menyimak di Kelas XI, SMA Negeri 1 Tejakula adalah (1) keterbatasan buku penunjang, (2) pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di kelas, (3) waktu yang digunakan untuk menerapkan model Contextual Teaching and Learning masih kurang.
Kata kunci: model Contextual Teaching and Learning, guru, pembelajaran menyimak.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)