PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TEJAKULA

Penulis

  • gede karmayasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.278

Abstrak

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TEJAKULA

oleh

Gede Karmayasa, NIM 0812011076

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Bahasa dan Seni

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan guru sebelum menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran menyimak di Kelas XI SMA Negeri 1 Tejakula, (2) pelaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran menyimak di Kelas XI SMA Negeri 1 Tejakula, dan (3) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran menyimak di Kelas XI SMA Negeri 1 Tejakula. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian adalah dua guru Bahasa Indonesia yang mengajar di Kelas XI. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, pencatatan dokumen, dan wawancara. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar pencatatan. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan yang dibuat oleh guru sebelum menerapkan model pembelajaran menyimak tidak berpedoman dengan Permen 41 Tahun 2007. Guru masih lemah dalam merancang perencanaan pembelajaran, (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran aspek menyimak di Kelas XI, SMA Negeri 1 guru selalu melaksanakan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam kegiatan inti, guru melaksanakan kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Dalam kegiatan eksplorasi guru menerapkan komponen konstruktifisme dalam pembelajaran. Dalam kegiatan elaborasi, guru melaksanakan pembelajaran inkuiri, masyarakat belajar, dan bertanya melalui tanya jawab. Kegiatan konfirmasi tidak tergambar dengan jelas pelaksanaannya. Penerapan CTL dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum berjalan dengan baik. (3) Kandala-kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran aspek menyimak di Kelas XI, SMA Negeri 1 Tejakula adalah (1) keterbatasan buku penunjang, (2) pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di kelas, (3) waktu yang digunakan untuk menerapkan model Contextual Teaching and Learning masih kurang.

Kata kunci: model Contextual Teaching and Learning, guru, pembelajaran menyimak.

Biografi Penulis

gede karmayasa

Diterbitkan

2013-01-23

Terbitan

Bagian

Articles