HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MENULIS CERPEN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.279Abstrak
HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MENULIS CERPEN
DAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA FITUR
SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK
SMA/SMK DI SINGARAJA
oleh
Uliana Dewi Irwandani
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) tingkat keterampilan menulis cerpen, (2) tingkat kemampuan menulis berita fitur, dan (3) hubungan antara keterampilan menulis cerpen dan kemampuan menulis berita fitur siswa peserta ekstrakurikuler jurnalistik SMA/SMK di Singaraja. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode penugasan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat keterampilan menulis cerpen siswa peserta ekstrakurikuler jurnalistik SMA/SMK di Singaraja tergolong tinggi dengan raihan skor rata-rata sebesar 83; (2) tingkat kemampuan menulis berita fitur siswa peserta ekstrakurikuler jurnalistik SMA/SMK di Singaraja tergolong sangat tinggi dengan skor rata-rata sebesar 86,56, dan (3) terdapat hubungan positif yang sangat tinggi antara keterampilan menulis cerpen dan kemampuan menulis berita fitur siswa peserta ekstrakurikuler jurnalistik SMA/SMK di Singaraja. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian nilai ro=0,996 yang menurut tabel interpretasi sederhana Guilford berada pada kisaran antara 0,90-1,00 yang menunjukkan adanya korelasi yang sangat kuat atau sangat tinggi antara keterampilan menulis cerpen (variabel X) dan kemampuan menulis fitur (variabel Y) siswa peserta ekstrakurikuler jurnalistik SMA/SMK di Singaraja. Hal ini juga dapat dilihat berdasarkan nilai “r” Product Moment (rt) yang menunjukkan bahwa ro>rt atau 0,996>0,666 pada taraf signifikansi 5% dan 0,996>0,798 pada taraf signifikansi 1%. Jika terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam berlatih menulis berita fitur, guru pembina ekstrakurikuler disarankan untuk menggunakan latihan menulis cerpen sebagai salah satu cara untuk melatih kemampuan menulis siswa.
Kata kunci: menulis, cerpen, berita fitur, ekstrakurikuler, jurnalistik
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)