PENGGUNAAN TEKNIK 3-P UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA BERBASIS 5W + 1H SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 7 SINGARAJA

Penulis

  • alit kusuma pranata

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.282

Abstrak

PENGGUNAAN TEKNIK 3-P UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA BERBASIS 5W + 1H SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 7 SINGARAJA

oleh

I Komang Alit Kusuma Pranata, NIM 0812011082

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Bahasa dan Seni

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) langkah-langkah penggunaan teknik 3-P berbasis 5W+1H untuk meningkat keterampilan menulis berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja; (2) peningkatan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja dengan penggunaan teknik 3-P berbasis 5W+1H; (3) respons siswa terhadap penggunaan teknik 3-P berbasis 5W+1H dalam menulis berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja.Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa indonesia dan siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja. Objek penelitian ini adalah objek yang mencerminkan produk dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja sedangkan objek yang mencerminkan proses dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menulis berita dengan penggunaan teknik 3-P berbasis 5W+1H. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode, (1) observasi, (2) wawancara, (3) angket, dan (4) tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis data keberhasilan belajar menulis berita siswa yang dan metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis aktivitas dan responss siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan teknik 3-P berbasis 5W + 1H dapat meningkatkan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,88. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa dalam menulis berita sebesar 81, 90. Presentase peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 9,02 %. Peningkatan tersebut menandakan bahwa tindakan pada siklus II dapat dihentikan karena karena nilai yang dicapai siswa sudah sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal dengan ketuntasan klasikal 85,71%. Ada beberapa langkah yang dapat ditempuh oleh guru dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan teknik 3-P berbasis 5W + 1H untuk meningkatkan kemampuan menulis berita yaitu (1) pengamatan, (2) penulisan, dan (3) pelaporan. Berdasarkan hasil angket/kuesioner, siswa merasa senang dalam proses pembelajaran menggunakan teknik3-P berbasis 5W + 1H. Hal ini dibuktikan dengan responss siswa yang positif terhadap penggunaan teknik 5W + 1H dalam pembelajaran menulis berita. Sesuai dengan hasil penelitian ini disarankan kepada pendidik, calon pendidik, dan siswa untuk memerhatikan teknik 3-P berbasis 5W+1H dalam menulis berita.

Kata kunci : teknik 3-P berbasis 5W+1H, menulis berita, pembelajaran

Biografi Penulis

alit kusuma pranata

Diterbitkan

2013-01-23

Terbitan

Bagian

Articles