PENGGUNAAN TEKNIK 3-P UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA BERBASIS 5W + 1H SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 7 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.282Abstrak
PENGGUNAAN TEKNIK 3-P UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA BERBASIS 5W + 1H SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 7 SINGARAJA
oleh
I Komang Alit Kusuma Pranata, NIM 0812011082
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) langkah-langkah penggunaan teknik 3-P berbasis 5W+1H untuk meningkat keterampilan menulis berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja; (2) peningkatan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja dengan penggunaan teknik 3-P berbasis 5W+1H; (3) respons siswa terhadap penggunaan teknik 3-P berbasis 5W+1H dalam menulis berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja.Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa indonesia dan siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja. Objek penelitian ini adalah objek yang mencerminkan produk dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja sedangkan objek yang mencerminkan proses dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menulis berita dengan penggunaan teknik 3-P berbasis 5W+1H. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode, (1) observasi, (2) wawancara, (3) angket, dan (4) tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis data keberhasilan belajar menulis berita siswa yang dan metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis aktivitas dan responss siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan teknik 3-P berbasis 5W + 1H dapat meningkatkan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,88. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa dalam menulis berita sebesar 81, 90. Presentase peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 9,02 %. Peningkatan tersebut menandakan bahwa tindakan pada siklus II dapat dihentikan karena karena nilai yang dicapai siswa sudah sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal dengan ketuntasan klasikal 85,71%. Ada beberapa langkah yang dapat ditempuh oleh guru dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan teknik 3-P berbasis 5W + 1H untuk meningkatkan kemampuan menulis berita yaitu (1) pengamatan, (2) penulisan, dan (3) pelaporan. Berdasarkan hasil angket/kuesioner, siswa merasa senang dalam proses pembelajaran menggunakan teknik3-P berbasis 5W + 1H. Hal ini dibuktikan dengan responss siswa yang positif terhadap penggunaan teknik 5W + 1H dalam pembelajaran menulis berita. Sesuai dengan hasil penelitian ini disarankan kepada pendidik, calon pendidik, dan siswa untuk memerhatikan teknik 3-P berbasis 5W+1H dalam menulis berita.
Kata kunci : teknik 3-P berbasis 5W+1H, menulis berita, pembelajaran
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)