MAJALAH DINDING SEBAGAI IMPLEMENTASI KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA YANG MENGIKUTI EKTRAKURIKULER JURNALISTIK DI SMP N 4 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.283Abstrak
MAJALAH DINDING SEBAGAI IMPLEMENTASI KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA YANG MENGIKUTI EKTRAKURIKULER JURNALISTIK DI SMP N 4 SINGARAJA
Ayu Mayendri Septia Dewi (0712011016)
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha, Jln. Ahmad Yani 87 Singaraja
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui fungsi majalah dinding pada ektrakurikuler jurnalistik, (2) mengetahui kriteria yang harus dipahami siswa untuk menulis cerpen dalam ekstrakurikuler jurnalistik, (3) menjelaskan majalah dinding sebagai implementasi kemampuan menulis cerpen siswa yang mengikuti ektrakurikuler jurnalistik di SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ektrakurikuler jurnalistik di SMP Negeri 4 Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi mading pada ektrakurikuler jurnalistik di SMP Negeri 4 Singaraja, antara lain: (1) sarana komunikasi, (2) media hiburan yang murah dan sederhana (3) sarana berlatih jurnalistik, (4) sebagai wadah kreativitas siswa, (5) sebagai penumbuh minat para siswa dalam berkreativitas, (6)sebagai media pendorong siswa untuk membaca, menilai dan menanggapi. Kriteria yang harus dipahami oleh siswa untuk dapat menulis sebuah cerpen, antara lain: (1) kelengkapan aspek formal, (2) kelengkapan unsur intrinsik, (3) keterpaduan unsur/struktur, dan (4) kesesuaian penggunaan bahasa. Berdasarkan hasil penilaian cerpen dengan kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengikut ektrakurikuler mading sudah memahami kriteria penulisan cerpen dengan baik. Mading sebagai implementasi kemampuan menulis cerpen siswa yang mengikuti ektrakurikuler jurnalistik di SMP Negeri 4 Singaraja dapat dibuktikan dengan adanya, (a) kompetisi, (b) mengenal tahapan menulis cerpen, (c) sarana pelatihan, (d) sarana pemajangan, (e) sarana evaluasi, (f) meningkatkan motivasi menulis cerpen.
Kata kunci : majalah dinding, menulis cerpen, implementasi, jurnalistik.
e-mail: mayzentoel@yahoo.co.id
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)