PENGGUNAAN TEKNIK REIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA KHUSUSNYA BERCERITA PADA SISWA KELAS VII 12 SMP NEGERI 2 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.284Abstrak
PENGGUNAAN TEKNIK REIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA KHUSUSNYA BERCERITA PADA SISWA KELAS VII 12 SMP NEGERI 2 SINGARAJA
Komang Ayu Sriantini (0812011080)
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan (1) mengetahui peningkatan kemampuan berbicara khususnya bercerita, (2) mengetahui langkah-langkah penggunaan teknik REIS guna meningkatkan kemampuan berbicara khususnya bercerita, dan (3) mengetahui respons siswa terhadap penggunaan teknik REIS dalam pembelajaran berbicara khususnya bercerita. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 12 SMP Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar atau keterampilan berbicara siswa, langkah-langkah pembelajaran, dan respons siswa dalam pembelajaran dengan penggunaan teknik REIS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, metode angket/kuesioner, dan metode wawancara. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai langkah-langkah pembelajaran. Data metode penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data mengenai peningkatan hasil belajar berbicara dikumpulkan dengan metode tes dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data respons siswa dikumpulkan dengan metode angket/kuesioner dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) teknik REIS dapat meningkatkan kemampuan berbicara khususnya bercerita siswa, yakni pada siklus I, siswa memperoleh nilai rata-rata secara klasikal 74,5, sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 76,15, (2) terdapat beberapa langkah penggunaan teknik REIS untuk meningkatkan kemampuan berbicara khususnya bercerita siswa. Langkah-langkah tersebut menekankan pada pembelajaran yang menyenangkan siswa karena melibatkan kegemaran siswa sehingga penampilan siswa menjadi lebih baik, (3) siswa memberikan respons positif terhadap penggunaan teknik REIS untuk meningkatkan kemampuan berbicara khususnya bercerita siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh guru, siswa, dan peneliti lain sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran berbicara.
Kata kunci: teknik REIS dan kemampuan bercerita
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)