PEMBELAJARAN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v10i2.29126Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pembelajaran drama dengan menggunakan pendekatan kontekstual dari beberapa aspek, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini dirancang dalam bentuk deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah seperti berikut ini. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, penyiapan media pembelajaran dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran drama dibagi menjadi 3 kegiatan mulai dari tahap pendahuluan, inti, dan penutup. Langkah-langkah pembelajaran drama sudah tertuang dalam RPP. Proses pembelajaran di sekolah dilaksanakan secara interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu metode pembelajaran yang dirancang oleh guru benar-benar digunakan, seperti diskusi, tanya jawab, caramah, dan penugasan. Evaluasi yang digunakan sudah tercantum dalalm RPP yang telah disusun. Guru melakukan penilaian dengan memperhatikan tiga ranah. Ranah pengetahuan dinilai melalui tes lisan, penugasan, tes tertulis, dan portofolio. Ranah keterampilan melalui unjuk kerja, proyek dan portofolio. Ranah sikap dinilai dalam dua aspek, yaitu : sikap spritual dan sosial. Pembelajaran drama dengan menggunakan pendekatan kontekstual telah direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi dengan baik oleh guru.
Kata Kunci : kurikulum 2013, pembelajaran drama, pendekatan kontekstual
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)