PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI E-UKBM
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v10i2.29131Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri Bali Mandara pada empat aspek keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menuis) melalui media pembelajaran e-ukbm dari segi fitur, pelaksanaan, dan respons. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif pendekatan kualitatif kuantitatif. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X MIPA 1 dan siswa kelas X MIPA 1dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri Bali Mandara pada empat aspek keterampilan berbahasa (berbicara, menyimak, membaca, dan menulis) melalui media pembelajaran e-ukbm dari segi fitur, pelaksanaan, dan respons. Ada empat metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini, yaitu metode dokumentasi, observasi, wawancara, dan kuesioner. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beragam fitur dalam e-ukbm pembelajaran bahasa Indonesia yang bertujuan supaya peserta didik semakin giat dan tidak bosan saat belajar. Dalam pelaksanaannya, ada dua teknik yang digunakan yaitu teknik pembelajaran tatap Penggunaan teknik tersebut memberikan dampak posistif dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu meningkatnya pemahaman peserta didik, memberikan porsi online yang kaya akan pengetahuan setiap saat selama pendidik memiliki akses internet, dan menyediakan peluang yang praktis untuk belajar secara mandiri. Terdapat tiga respons yang diberikan oleh peserta didik secara keseluruhan terhadap pernyataan pada angket, yaitu sangat setuju, setuju, dan tidak setuju. Selain itu, Ada dua variasi respons atau tanggapan yang diberikan oleh peserta didik yakni, respons sangat positif dan respons positif. Kedua respons tersebut diperoleh dari 27 peserta didik yang dijadikan sampel. 11(47,52%) peserta didik memberikan respons sangat positif dan 16 (64, 25%) peserta didik lainnya memberikan respon positif. Maka oleh karena itu, respons peserta didik terhadap pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan e-ukbm di SMA Negeri Bali Mandara, yakni respon positif
Kata kunci: E-Ukbm di SMA Negeri Bali Mandara dan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)