PENGGUNAAN VIDEO MONOLOG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN PERAN SISWA KELAS XI IPB1 SMA NEGERI 1 SUKAWATI

Penulis

  • I Komang Dodik Muliarta .
  • Drs. Ida Bagus Sutresna,M.Si. .
  • Ni Made Rai Wisudariani, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v2i1.2948

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam bermain peran dengan menggunaan video monolog di kelas XI IPB1 SMA Negeri 1 Sukawati; (2) untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran bermain peran dengan menggunakan video monolog di kelas XI IPB1 SMA Negeri 1 Sukawati; (3) untuk mendeskripsikan media video monolog yang mampu meningkatkan kemampuan bermain peran di kelas XI IPB1 SMA Negeri 1 Sukawati; dan (4) untuk mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan video monolog dalam pembelajaran bermain peran di kelas XI IPB1 SMA Negeri 1 Sukawati. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPB1 dan guru yang mengajar di kelas XI IPB1 SMA Negeri 1 Sukawati pada semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil, langkah-langkah, dan respons siswa terhadap penggunaan video monolog. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi, metode tes, metode dokumentasi, dan metode angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video monolog dapat (1) meningkatkan hasil belajar bermain peran siswa, ditandai dengan perolehan skor rata-rata bermain peran siswa 83.88 pada siklus I menjadi 85,04 pada siklus II, (2) ada beberapa langkah yang dapat ditempuh guru untuk meningkatlkan kemampuan siswa dalam bermain peran, (3) video monolog yang digunakan dalam pembelajaran bermain peran adalah video monolog dari Gita Swami yang berjudul “Mulut” karya putu wijaya, yang dapat menginspirasi dan menumbuhakan rasa percaya diri dalam menghayati karakter dari tokoh yang diperankannya, dan (4) menumbuhkan respons sangat positif siswa dalam pembelajaran bermain peran.
Kata Kunci : Video, monolog, bermain peran.

This study aimed (1) to describe the students’ ability in role play by using video monologue in XI IPB1 Class at SMA Negeri 1 Sukawati; (2) to describe the learning procedures of role play by using video monologue in XI IPB1 Class at SMA Negeri 1 Sukawati’ (3) to describe the media of video monologue that can increase students’ ability in role play in XI IPB1 Class at SMA Negeri 1 Sukawati; and (4) to describe the students’ respond toward the use of video monologue in learning role play in XI IPB1 Class at SMA Negeri 1 Sukawati. The subjects of this study were the students of XI IPB 1 Class and teacher who teach in XI IPB1 Class at SMA Negeri 1 Sukawati on second semester in academic year 2013/2014. The purpose of this study was to increase learning outcome of the students, learning procedures, and students’ respond toward the use of video monologue. This study was an action research in form two cycles. The methods used in collecting the data were observation method, test method, documentation method and questionnaire method. The result of this study showed that the use of video monologue (1) can increase learning outcome of the students in role play. It was showed by achieving the average score of role play from 83.88 in first cycle become 85.04 in the second cycle, (2) there are some steps that can be used by teacher to increase students’ ability in role play, (3) video monologue from Gita Swami entitle Mulut created by Putu Wijaya can inspiring and increasing students’ self confidence in experiencing characteristic of the character that they presented, (4) increasing high positive respond of the students in learning role play.
keyword : Video, monologue, role play

Diterbitkan

2014-05-16

Terbitan

Bagian

Articles