PENGGUNAAN KATA KERJA MENTAL PADA PRODUK TEKS EKSPOSISI SISWA SMA DI KOTA MATARAM

Penulis

  • Nur Ida Rosmayanti Universitas Mataram
  • Mahsun Mahsun Universitas Mataram
  • Johan Mahyudi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v10i2.31357

Abstrak

Penelitian ini terkait dengan pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013, salah satunya menggunakan model pembelajaran berbasis teks. Siswa sekolah menengah di Kota Mataram belum mampu mengungkapkan gagasan dengan baik melalui teks eksposisi. Hal tersebut terlihat pada ketidak mampuan siswa dalam memanfaatkan kata kerja mental untuk menyusun teks eksposisi. Ini menjadi masalah serius dalam kegiatan pembelajaran untuk dihadapi siswa ketika berhadapan dengan kegiatan menyusun teks eksposisi. Adapun, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik libat cakap. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X pada 6 (enam) Sekolah Menengah di Kota Mataram yakni SMAN 1 Mataram, SMA Darul Hikmah Mataram, SMKN 7 Mataram, SMK Muhammadiyah Mataram, MAN 1 Mataram dan MA Hidayatullah Mataram. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan untuk memperkuat deskripsi terhadap data penelitian. Didapatkan data bahwa 104 siswa yang menjadi sampel penelitian hanya 25 siswa yang menggunakan kata kerja mental tindakan (aksi) , proses, keadaan dalam memproduksi teks eksposisi. Hal ini berarti bahwa penguasaan materi siswa terkait dengan kata kerja mental masih sangat kurang dan tidak mampu digunakan dalam kegiatan produk teks ekposisi oleh siswa SMA di Kota Mataram.

Terbitan

Bagian

Articles