Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis dalam Jaringan di Kelas XI SMA Negeri 1 Rendang

Penulis

  • I Made Pandi Surya Pradnya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Made Darmayanti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i2.36039

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis dalam jaringan pada mata pelajaranbahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 1 Rendang,  hasil belajar bahasa Indonesia dari penerapan pembelajaran berbasis dalam jaringan di kelas XI SMA Negeri 1 Rendang, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru pada penerapan pembelajaran berbasis dalam jaringan di kelas XI SMA Negeri 1 Rendang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas XI MIPA 3 dan kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Rendang. Objek penelitian ini adalah penerapan pembelaran berbasis dalam jaringan, hasil belajar siswa, dan kendala-kendala yang dialami oleh guru dan siswa pada proses pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan penerapan pembelajaran berbasis dalam jaringan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 1 Rendang, yaitu dalam bentuk Full Online.Hasil belajar Bahasa Indonesia dari penerapan pembelajaran berbasis dalam jadingan sangat memuaskan terlihat dari nilai akhir siswa. Kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa ada empat, yaitu pembelajaran yang tidak sesuai dengan perencanaan, kehadiran siswa yang tidak serentak, kemampuan siswa yang berbeda-beda, serta terkendala jaringan internet

Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Berbasis Jaringan

Biografi Penulis

I Made Pandi Surya Pradnya, Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa

Diterbitkan

2021-06-30

Terbitan

Bagian

Articles