Pemanfaatan Portal Google Classroom dalam Pembelajaran Teks Persuasif di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Bangli Tahun Pelajaran 2020/2021

Penulis

  • I Dewa Ayu Merry Diantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • NI Made Rai Wisudariani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Artika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i2.36575

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keunggulan proses pembelajaran teks persuasif menggunakan portal google classroom bagi guru dan siswa di kelas VIII C SMP Negeri 1 Bangli Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Bangli dan guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII C SMP Negeri 1 Bangli. Objek penelitian ini adalah pembelajaran teks persuasif dengan memanfaatkan portal google classroom. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keunggulan yang dirasakan oleh guru dan siswa. Guru mendapat tiga keunggulan yang dirasakan saat memanfaatkan portal google classroomdalam pembelajaran teks persuasif dan siswa mendapat enam keunggulan yang dirasakan saatmemanfaatkan portal google classroomdalam pembelajaran teks persuasif.

Kata kunci: Google Classroom, Pembelajaran, Teks Persuasif

Biografi Penulis

I Dewa Ayu Merry Diantari, Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha.

Diterbitkan

2021-06-30

Terbitan

Bagian

Articles