Analisis Kesalahan Bahasa Iklan di Kota Jakarta Utara dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar SMP

Penulis

  • Dhiya Ulhaq Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Oding Supriadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dian Hartati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.38504

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) kesalahan berbahasa dalam teks iklan yang terdapat di Kota Jakarta Utara, (2) terdapat urutan kata atau frasa pada setiap data teks iklan dan menyatakan maknanya, (3) terdapat urutan kalimat untuk mengetahui fungsi SPOK , (4) unsur fungsi dari bahasa yang ditemukan dari analisis kesalahan berbahasa. Objek penelitian adalah kesalahan berbahasa dengan menemukan frasa, klausa, dan fungsi bahasa pada teks iklan di Kota Jakarta Utara. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi dan simak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) analisis temuan kesalahan berbahasa teks iklan produk dan jasa di Kota Jakarta Utara  yang menghasilkan laras bahasa terdapat 10 data dokumentasi, dan 1 laras bahasa perniagaan, (2) frasa yang ditemukan terdapat 10 pada analisis kesalahan berbahasa, ditemukan terdapat 6 klausa dan 4 fungsi direktif, 8 fungsi informatif, 4 fungsi interaksional, 1 fungsi puitik.

Kata Kunci: Analisis Kesalahan Bahasa; Bahan Ajar; Teks Iklan

Diterbitkan

2021-09-30

Terbitan

Bagian

Articles