Penggunaan Abreviasi dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Penulis

  • Gusti Ayu Kade Intan Sari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39138

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan tentang pembentukan dan tipologi abreviasi yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku teks bahasa Indonesia kelas X, XI, XII SMA/MA/SMK/MAK terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode dokumentasi dengan menggunakan kartu data. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat lima jenis pembentukan abreviasi dan tiga bentuk asal abreviasi yang ada dalam buku teks bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, ditemukan tujuh jenis tipologi abreviasi yang terdapat dalam buku teks bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terdapat. Penulis buku diharapkan memerhatikan penulisan bentuk abreviasi maupun tata bahasa yang terdapat dalam buku teks yang akan diterbitkan sehingga pembaca dapat memahami atau meniru bentuk abreviasi dan tata bahasa yang baik dan benar.

Kata Kunci: Abreviasi; Buku Teks; Bahasa Indonesia.

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles