PENGGUNAAN SARANA PEMBELAJARAN BUATAN GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH LUAR JARINGAN BAHASA INDONESIA SISWA KEALAS X DI SMK NEGERI BALI MANDARA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.39382Kata Kunci:
bahan ajar , pembelajaran jarak jauh, luar jaringanAbstrak
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses , hambatan-hambatan yang dialami guru dan siswa, serta respons siswa terhadap penggunaan bahan ajar buatan guru pada sistem PJJ Luring bahasa Indonesia di kelas X SMKN Bali Mandara. Subjek penelitian ini yaitu guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas X SMKN Bali Mandara yang mengikuti sistem PJJ Luring. Objeknya yaitu, proses pelaksanaan, hambatan-hambatan guru dan siswa, serta respons siswa terhadap penggunaan sarana pembelajaran buatan guru pada proses PJJ Luring. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Proses pelaksanaan PJJ Luring berhasil di terapkan dengan cukup baik. Hambatan-hambatan yang diperoleh guru dan siswa yakni: guru kesulitan memberikan pemahaman secara intens terkait bahan ajar yang diberikan , guru kesulitan untuk memberikan inovasi-inovasi yang kreatif terhadap tugas-tugas yang melibatkan fasilitas tertentu, komunikasi yang kurang intens antara siswa dan guru, serta jaringan internet yang kurang stabil ketika siswa hendak mengikuti pembelajaran menggunakan media Classroom. Respons peserta didik terkait penggunaan sarana pembelajaran buatan guru pada proses PJJ Luring yaitu cukup baik. Hal ini dibuktikan dari rata-rata minat siswa 60%, respons 64% serta efektivitas sarana pembelajaran 65% dengan kualifikasi keefektivan cukup baik.
Referensi
Ahmad, Iqbal Faza. 2020. Alternative Assesment In Distance Learning In Emergencies Spread Of Coronavirus Disease (Covid-19) In Indonesia. Jurnal Pedagogik. Vol. 07 No. 01. Diakses pada 13 Juni 2020.
Depdiknas. . Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Kurniasari, Arsilia dkk. 2020. Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar. Vol 6, No 3. Diakses Pada September 2020.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.
Sanjaya, Wina. 2016. Srategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono.2017.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:PenerbitAlbeta.
Uno, Hamzah B. 2008.Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wiarto, Giri. 2016. Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta:Laksitas.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)