PENERAPAN METODE SUGESTI BERBANTUAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS PARAGRAF NARASI SISWA KELAS X.1 DI SMA NEGERI 2 BANJAR

Penulis

  • I Gede Yogi Eriawan .
  • Drs. I Wayan Rasna,M.Pd .
  • Drs. I Nyoman Merdhana, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v2i1.3943

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis paragraf narasi dengan menggunakan metode sugesti berbantuan media komik di kelas X.1 SMA Negeri 2 Banjar, (2) kiat-kiat guru dalam mengimplementasikan langkah-langkah pembelajaran menulis paragraf narasi dengan menggunakan metode sugesti berbantuan media komik pada siswa kelas X.1 di SMA Negeri 2 Banjar, (3) aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi dengan menggunakan metode sugesti berbantuan media komik di kelas X.1 SMA Negeri 2 Banjar, dan (4) respons siswa terhadap penerapan metode sugesti berbantuan media komik dalam pembelajaran menulis paragraf narasi di kelas X.1 SMA Negeri 2 Banjar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus dan berlatar di kelas X.1 SMA Negeri 2 Banjar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X.1 di SMA Negeri 2 Banjar yang berjumlah 32 orang, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini ada dua. Pertama, objek yang mencerminkan proses yaitu kiat guru dalam mengimplementasikan langkah-langkah pembelajaran, aktivitas siswa, dan respons siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi dengan menerapkan metode sugesti berbantuan media komik. Kedua, objek yang mencerminkan produk yaitu hasil belajar berupa peningkatan hasil belajar siswa kelas X.1 di SMA Negeri 2 Banjar dalam pembelajaran menulis paragraf narasi. Data hasil belajar siswa dalam menulis paragraf narasi dikumpulkan dengan metode tes yang dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif, data kiat-kiat guru dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara yang dianalisis dengan metode deskripstif kualitatif, data aktifitas siswa dikumpulkan dengan metode observasi yang dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif, dan data respons siswa dikumpulkan dengan metode kuesioner yang dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan metode sugesti berbantuan media komik dapat meningkatkan hasil belajar menulis paragraf narasi siswa, hal ini ditandai dengan perolehan skor rata-rata menulis paragraf narasi siswa 74,90 pada siklus I menjadi 81,28 pada siklus II, (2) guru menggunakan kiat-kiat pembelajaran yang tepat dalam mengimplementasikan langkah-langkah pembelajaran menulis paragraf narasi dengan menerapkan metode sugesti berbantuan media komik, (3) aktivitas siswa berubah ke arah yang positif dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi dengan menerapkan metode sugesti berbantuan media komik, dan (4) menumbuhkan respons siswa yang sangat positif dalam pembelajaran menulis paragraf narasi. Berdasarkan temuan-temuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sugesti berbantuan media komik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis paragraf narasi siswa, serta penerapan metode ini direspon sangat positif oleh siswa kelas X.1 di SMA Negeri 2 Banjar. Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa dan sastra Indonesia menerapkan metode sugesti berbantuan media komik ini dalam pembelajaran menulis paragraf narasi dan guru juga hendaknya mempertimbangkan pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan metode pembelajaran yang akan diterapkan dan menyusun langkah pembelajaran dengan baik, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa sesuai dengan yang diharapan.
Kata Kunci : metode sugesti, media komik, aktivitas, hasil belajar, menulis narasi.

The objective of this study is to find out: (1) the improvement of students’ narrative paragraph writing activities and achievement of class X.1 in SMA Negeri 2 Banjar, (2) the teacher’s strategies in implementing the procedure of writing narrrative paragraph by using suggestion method assisted with comic media to the students of class X.1 in SMA Negeri 2 Banjar, (3) the students’ actitivies in writing narrative paragraph by using suggestion method assisted with comic media in class X.1 in SMA Negeri 2 Banjar, and (4) the students’ responds toward the implementation of suggestion method assisted with comic media in narrative paragraph writing in class X.1 in SMA Negeri 2 Banjar. This study is a classroom based action research which was implented in two cycles. The subject in this study was the students in class X.1 SMA Negeri 2 Banjar which involved 32 students. Meanwhile, there were two objects in this study. The first obeject reflected the process involving the teacher’s strategies in implementing the teaching procedure, the students’ activities, and the students’ responds toward the implementation of suggestion method assisted with comic media in narrative paragraph writing. The second object reflected the product which involved the students’ learning achievement in the form of their improvement in narrative paragraph writing achievement. The data were collected through test and analyzed by using descriptive quantitative and qualitative analysis. The data in the form of the teacher’s strategies in teaching were obtained through observation and interview, and the data about students’ activities were obtained through observation. Both data were analyzed by using descriptive qualitative analysis. Meanwhile, the data in the form of students’ response were obtained through questionnaire and analyzed quantitatively. The result of this research showed that (1) the implementation of suggestion method assisted with comic media is able to improve the students’ narrative paragraph writing achievement improve the students’ narrative paragraph writing achievement, in which the students’ mean score improved from 74,90 in first cycle into 81,28 in second cycle, (2) make the teachers applied appropriate strategies in implementing suggestion method assisted with comic media to the students, (3) student activity changed in a positive direction in teaching writing narrative paragraph by implementation of suggestion method assisted with comic media, and (4) create positive responds from the students in writing narrative paragraphs. Based on the findings in this study, it can be concluded that the application of the method of suggestion aided comic medium can enhance the activity and the learning outcomes of students write a narrative paragraph, as well as the application of this method responded well by X.1 grade students at SMAN 2 Banjar. Based on these conclusions, the researchers suggested that the Indonesian language and literature teachers implement media assisted method of comics this suggestion in teaching writing narrative paragraphs and teachers should also consider the selection of instructional media in accordance with the teaching methods to be applied and properly setting the pace of learning, so that learning outcomes obtained by the student in accordance with the expected.
keyword : suggestion method, comic media, activities, students’ achievement, narrative writing.

Diterbitkan

2014-08-07

Terbitan

Bagian

Articles